Selasa, 02 November 2010

Sekedar Catatan Gunung Merapi Meletus

Sekedar catatan gunung merapi, Merapi Meletus


Hallo apa kabar ? semoga anda sehat walafiat, amiin

Insurance Finance — Berita terkini akibat gunung merapi melatus banyak menimbulkan korban , ada apa sebenarnya dengan Negara yang tercinta ini ?  
korban berjatuhan tak terhitung harta benda musnah belum selesai gunung meletus terjadi banjir bandang di wasior, Tsunami Mentawai di Sumatra Barat sehingga dari luar daerah bencanapun sukarelawan teman-teman mahasiswa rela turun ke jalan untuk meminta sumbangan untuk bencana alam, semoga apa yang mereka usahakan sampai ke yang berhak ? Bukan hanya itu sedang  korban jiwa kekehilangan harta benda dan sanak saudara. 
 
Ada apa sebenarnya, ingat syair Ebiet G.ADE  “ mungkin Tuhan sudah bosan dengan kita mendengar kisah kita yang berbangga dengan dosa-dosa mari kita bertanya dengan rumput yang bergoyang(posting ini ditulis kembali dari berbagai sumber)

Gunung Merapi masih menumpahkan magmanya dari perut bumi, anak Krakatau sudah menunjukkan tanda  peningkatan aktivitas merapinya. Ini menunjukkan satu gunung dengan gunung yang lain seakan berlomba susul-menyusul menunjukkan kehebatannya sebagai gunung berapi aktif……. Waaw ini seperti balapan disirkuit merapi.

Begitupun gunung-gunung di luar Indonesia juga menunjukkan keaktiban. Dari situs resmi menyampaikan laporan gunung yang sedang mengalami aktif. Laporan berasal dari  situs milik John Seach (http://www.volcanolive.com), seorang anggota International Association of Vulcanology and Chemistry of the Earth's Interior (IAVCEI) yang telah berkelana ke 180 gunung selama 22 tahun hidupnya.
 
Berikut ini gunung-gunung yang sedang menunjukkan keaktipan sbb :
1. Klyuchevskoy Volcano, Kamchatka, Rusia

Gunung ini mengalami erupsi eksplosif dan efusif sepanjang minggu lalu, terutama pada tanggal 22-25 Oktober dan 27 Oktober 2010. Selain itu, gunung ini juga mengeluarkan abu vulkanik yang mencapai tinggi 26.200 hingga 29.500 kaki. Abu vulkanik juga tersebar hingga radius 2.300 km di timur gunung.

2. Sheveluch Volcano, Kamchatka, Rusia

Gunung ini juga mengalami erupsi eksplosif dan efusif sepanjang minggu lalu. Pada tanggal 28 Oktober 2010, gunung ini mengeluarkan abu vulkanik yang mencapai tinggi 23.000 kaki. Pencitraan dengan satelit memperlihatkan bahwa abu vulkanik tersebar hingga radius 2.500 km di sebelah timur gunung. Hujan abu terjadi di Ust-Kamchatsk sehingga bandara setempat harus ditutup.

3. Piton de la Fournaise Volcano, Perancis

Gunung merapi ini  juga terjadi peningkatan aktivitas  terjadi pada tanggal 27 Oktober 2010. Aktivitas seismik meningkat dan gempa tektonik beberapa kali terjadi. Erupsi juga terjadi pada hari tersebut di sisi gunung bagian tenggara.

4. Grimsvotn Volcano, Islandia

Di Irlandia terjadi beberapa gempa vulkanik sejak tanggal 31 Oktober 2010. Juga banjir terjadi akibat es yang menutup gunung juga meningkat. Sekitar 130 meter kubik air mengalir setiap detiknya membanjiri wilayah sekitar gunung.

5. Gunung Anak Krakatau, Indonesia

Gunung anak kratatau, aktivitas gempa vulkanik meningkat dari 20 kali per hari menjadi 35 kali per hari pada hari Jumat, 29 Oktober 2010. Abu vulkanik juga terlihat lebih tinggi, hingga 1 kilometer.

Nah itu semua adalah kejadian yang sebenarnya telah menimpa sebagain rakyat Indonesia dan rakyat dunia.

Apabila diperhatikan bahwa kesengsaraan ini termasuk juga mbah Marijan juga meninggal akibat terkena musibah gunung merapi…. Semoga arwah beliau diterima disisi Tuhan yang maha Esa.
Jika dilihat dari menejemen risiko bahwa untuk menghindari kerugian besar yang mungkin diderita rakyat sekitar gunung merapi beberapa langkah yang perlu dilakukan :
-    Disarankan pemantauan gunung merapi secara  konsisten, apakah masih dalam tahap normal.
-    Bekerja sama dengan pihak universitas untuk memantau dan mengadakan penelitian tentang gunung merapi dari rekomendasi ilmuwan tersebut bisa dijadikan pegangan untuk tindakan selanjutnya ( ini biasanya sebelum kejadian )
-    Menyediakan tempat pengungsian yang layak mungkin diluar wilayah yang terkena musibah kepada warga disekitar musibah tidak perlu menunggu, hal ini untuk mengurangi jumlah korban jiwa dan harta benda.
-    Tindakan evakuasi korban sesegera mungkin disiapkan tempat pengungsian sementara  walaupun belum ada dugaan akan terjadi musibah gunung meletus
-    Nah apa lagi sahabat……..

Berikan komentar anda di bawah postingan ini ! ,  Bagaimana menurut anda, apa yang saya sampaikan diatas ?  ,  Saya sukanya  rakyat yang mengalami musibah bisa tertangani dengan baik, bagaimana menurut anda, pembaca ? silahkan berikan komentar anda.
 
 

Related Post:

9 komentar:

allie mengatakan...

iyaaa sobb,, puncaknya gara-gara pergeseran lempengan bumi yg waktu lalu yang memicu deretan gunung-gunung di indonesia aktif,, karena negara kita dari ujung ke ujung gunung

si Gen mengatakan...

Yang saya herankan kok semua musibah ini bisa berbarengan yah? Tsunami , merapi, dan tadi siang saya lihat anak krakatau juga sudah bersiap-siap.

Apa ini ada hubungannya dengan kedatangan Miyabi ke Jakarta kemarin..?

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm ternyata bukan negri indonesia aja yach,saya hanya bisa mendoakan semoga semua tetep aman dan catatan gunung ini merupakan suatu yang menguingatkan kita untuk tetep berhati hati,good luck maaf talat

negeriads.com mengatakan...

Terimakasih atas informasi yang diberikan.Semoga membantu temen-temen yang sedang mencari informasi seputar gunung merapi.=D
BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

Chenk Rahman mengatakan...

Pray For Indonesia...
Rapatkan barisan, bencana tak bisa diduga.

admin mengatakan...

@ allie : mungkin juga sob
@ si Gen :ini semua rahasia Gan
@ Dhana/戴安娜 : betul sekali mba Dhana
@ negeriads.com : ia Gan sbg Info utk tman & pengunjung, info negeriads.con akan dicoba saya mau mempelajarinya Gan, thanks ya Gan atas infonya
@ Chenk Rahman : betul sekali Gan

Mari kita merapatkan barisan turut mengajak mari kita bantu warga/saudara kita, terima kasih komentar sobat semua..."Nice Comments"

Dwi Wahyudi mengatakan...

Hai, salam persahabatan sebelumnya. Maaf baru bisa melakukan kunjungan balik karena habis melakukan perjalanan panjang ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia dalam rangka mengikuti kegiatan New Media Dialogue + Borneo Bloggers Award 2010. Thanks...

Manchester United (Indonesia) mengatakan...

wah, banyak juga yah yang sudah aktif sekarang..
semoga bencana di negeri ini berakhir dan tidak ada lagi gunung meletus yang memakan korban jiwa..
maaf baru bisa mampir, tetap semangat sob

admin Insurance Finance mengatakan...

@ Dwi Wahyudi : gpp bro oooo... iya selamat ya untuk sahabat kita mas Irhamna sudah sebagai jawara di borneoblogger... salam utk ybs

@ Manchester United (Indonesia): ia mas itu harapan kita semua semoga korban terkena musibah capet puluh seperti sedia kala bisa berktifitas untuk membangun negeri kita

untuk kunjungan dan komentar diucapkan terima kasih..

Posting Komentar

Setelah membaca sampaikan komentar anda, jangan Spam ya ? komentar anda berguna untuk pengembangan dunia perasuransian dan blog ini, atas kerjasama diucapkan terima kasih sering-seringlah mampir kembali semakin sering bersilaturrahmi maka akan terbuka kesempatan dan rezeki kita juga terbuka, mudah-mudahan amiin (semakin banyak sahabat semakin bagus)