Minggu, 03 Oktober 2010

7 Bekal Agar Karier Sukses, karir

Hallo apa kabar ? semoga sobat sehat-sehat selalu, amiin. Posting ini agak panjang tapi ga apa-apa ya sobat kitakan sama-sama masih belajar ia kan sob ? Kita langsung saja ya sob mudah-mudahan bermanfaat.


Semua orang pengen sukses sesuai dengan profesi masing-masing, tapi kenapa kadang-kadang  terhambat? Nah sekarang   cari tahu jawabannya dan pelajari triknya. Tulisan  ini direview dari tabloidnova.com berjudul asli “7 Bekal Agar Karier Sukses” , semoga bisa sebagai bahan shering untuk sobat.

Terlalu  serius  perhatian pada orang yang lebih berprestasi atau ada faktor X yang menyebabkan orang lain lebih maju akan bisa membuat frustrasi lalu menganggap bidang pekerjaan yang digeluti ini mustahil memberi kesuksesan.

Jika sudah menggeluti pekerjaan tinggalkan pemikiran semacam itu karena memiliki 7 keterampilan berikut akan membawa kita menapaki puncak tangga karier.

1. Kemampuan  Berbicara
Kemampuan bicara dengan beragam individu merupakan tuntutan mutlak untuk meraih sukses.
Misalnya, kontak mata yang bersahabat, kosakata yang kaya dan kemampuan menyesuaikan bahasa yang kita gunakan dengan lawan bicara juga memegang peran .
Jadi, berlatihlah bicara santun dengan siapapun yang kita jumpai dalam keseharian atau ikut kelompok diskusi untuk mengasah kemampuan berdebat.
Penghargaan  yang bakal kita dapatkan adalah lebih cakap dalam berbagai situasi sosial, piawai membangun jejaring kesuksesan, membantu dalam bekerja dalam kelompok pribadi.

2. Tidak Plin-Plan
Pemimpin yang baik memiliki sikap tegas dan selalu menunjukkan sikap ini setiap kali ia dihadapkan pada persoalan yang menuntutnya membuat keputusan.
Karena sebuah keputusan yang dibuat memang akan menimbulkan pro dan kontra. Akan tetapi ingat, proses pengambilan keputusan akan membawa kita semakin dekat dengan kemampuan untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Kuncinya, pastikan bahwa keputusan yang kita ambil sudah dipikirkan secara matang dan ada alasan yang menjadi dasar dan menyertai keputusan.

3. Akuntabilitas
Dalam meraih sukses adalah kesediaan menerima tanggung jawab, baik saat sukses maupun gagal.
Jika ini dilakukan, kita dianggap siap menerima tanggung jawab yang lebih besar dan menuai rasa hormat dari kolega karena kerendahan hati yang dimiliki.
Meminimalkan kesalahan, perhitungkan segala kemungkinan dan segera mengambil langkah yang tepat guna memperbaiki kesalahan yang kita lakukan.

4. Tetap Positif
Pandangan sikap positif, kita justru akan memacu orang lain untuk sama-sama menunjukkan sikap positif sehingga lebih produktif dan mungkin saja semakin dipercaya untuk jabatan eksekutif.
 Yakni dengan menekankan hal-hal positif pada setiap situasi. Intinya, jangan lihat masalah, tapi lihatlah jalan keluarnya.

5. Presentasi Diri Anda
Mempelajari bagaimana kiat mempresentasikan diri pada orang sangatlah penting.
Misalnya, berbusana rapi akan memberi imej sukses di mata orang lain sebelum kita mengatakan sepatah kata pun. Tak perlu mahal, tapi busana dengan kualitas jahitan berstandar tinggi mengindikasikan kalau dalam banyak hal pun kita memiliki standar tinggi dan ini yang membuat orang lain kagum memandang kita.
Seberapa besar kita memberi pengaruh kuat pada kolega, pimpinan atau klien akan melihat seberapa baik kita tampil di mata mereka. Memiliki gaya yang anggun untuk mendukung kesuksesan kita bukan sesuatu yang buruk.
Jangan lupa, penampilan akan meningkatkan apa yang kita rasakan mengenai diri sendiri yang ujung-ujungnya akan membuat kita semakin percaya diri.

6. Pengelolaan Waktu
Ketidakmampuan mengelola waktu  akan membuat pengelolaan waktu  kocar-kacir sehingga pencapaian di bawah target yang ditetapkan. Maka untuk  mengatasinya, belajarlah menuliskan segalanya secara rinci sehingga memungkinkan kita memastikan semuanya bisa dikerjakan sesuai ketersediaan waktu yang ada. Hasilnya, kita memiliki kualitas kerja yang lebih baik dan jangan kaget kalau ke depannya kita akan dipercaya mengemban tanggung jawab yang terus meningkat.
Pengelolaan waktu bukan  berarti  tidak mempunyai  luang untuk diri sendiri, lho. Justru inilah faktor kunci kesuksesan kita mengerjakan segala  secara tepat waktu dan lebih berkualitas. Jangan menunda-nunda pekerjaan, tetapkan tujuan-tujuan yang menantang sekaligus realistis, dan manfaatkan waktu seefisien mungkin.

7. Deteksi Solusi
Akar dari suksesnya para pemimpin bisnis adalah kemampuan untuk menemukan solusi atas masalah besar. Kemampuan ini memang tidak terlihat nyata melainkan harus ditunjukkan ke orang lain.
Kalau kita dan kolega kita satu divisi sudah sedemikian disiplin, tak ada salahnya selalu mencari tahu apa yang paling jadi masalah.

Related Post:

10 komentar:

Unknown mengatakan...

salam sahabat
untuk kemammopuan berbiaca ama deteksi solusi ini yang masih ada hambatan pada diri saya mas.semoga lebih baik untuk meraih kesuksesan yach makashi.good luck

Tukang Gosip mengatakan...

salam sahabat juga :)
kalo buat saya poin keempat sepertinya agak sulit deh, soalnya sering banget ngerasain yang namanya pesimis...

admin mengatakan...

untuk sobat :
@ Dhana/戴安娜 : yah gpp yang penting kita berusaha untuk lebih baik lagi
@ Tukang Gosip : wajar kang siapa saja bisa mengalami seperti itu
Mungkin judul ini bisa untuk dibuat diskusi sesama blogger betul ga sob....ya untuk menambah diri kita lebih PD lagi gitu ya sob, tks atas tambahan komentar sobat

Tukang Gosip mengatakan...

belum ada tulisan baru nih sob...
saya ada gosip baru nih, kalo sempet mampir yaa
trus kalo ada tulisan baru kabarin saya sob. thanks

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola mengatakan...

wah, tipsnya mantep semua nih..
thx udh berbagi sobat, postinganmu sangat berguna buat saya..
happy blogging..

admin mengatakan...

@ Tukang Gosip : silakan sob sering kesini tks sob
@ Manchester United Tech | Berita Sepak Bola : semoga bisa bermanfaat sob
dengan makin banyak teman makin baik

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

tips yang menarik sahabat, memang kemampuan berbicara/berkomunikasi memegang peranan penting tuk menunjang keberhasilan.

rental laptop mengatakan...

Thanks atas infonya, mau di coba dulu deh..

admin mengatakan...

@ rental laptop : semoga sukses mas

admin mengatakan...

@ BRI Jakarta Veteran : komentar bagus sekali mas

Posting Komentar

Setelah membaca sampaikan komentar anda, jangan Spam ya ? komentar anda berguna untuk pengembangan dunia perasuransian dan blog ini, atas kerjasama diucapkan terima kasih sering-seringlah mampir kembali semakin sering bersilaturrahmi maka akan terbuka kesempatan dan rezeki kita juga terbuka, mudah-mudahan amiin (semakin banyak sahabat semakin bagus)