Kamis, 30 Desember 2010

Kaum Saba

Insurance Finance - Saba adalah satu dari empat peradaban besar di Arabia Selatan, tepatnya di daerah Yaman. Dinegeri inilah dahulu pernah berkuasa Ratu Bilqis, yang hidup sezaman dengan nabi Sulaiman as.

Saba merupakan negeri yang makmur dengan peradaban yang gemilang. Bendungan Ma’rib sebagai symbol kemajuan teknologi pengairan mengantarkan negeri ini pada puncak kejayaannya selama 1500 tahun. Dengan ketinggian mencapai 16 meter, lebar 60 meter dan panjang 660 meter, bendungan Ma’rib menampung berjuta-juta meter kubik air sehingga mampu mengaliri wilayah seluas 9.600 hektar, terdiri atas 5.300 hektar dataran sebagian selatan bendungan dan 4.300 hektar bagian dataran sebelah barat. Ma’rib pun telah mengubah padang pasir yang tandus dan gersang menjadi kebun-kebun yang indah dan subur dengan hasil yang melimpah ruah. Sebuah karunia besar yang diberikan Allah SWT kepada negeri Saba.

Namun, rezeki dan nikmat yang melimpah itu membuat mereka berpaling dan kupur dari Allah SWT. Bendungan Ma’rib yang menjadi kebanggaan dan sumber kejayaan penduduk Saba pun menjadi sumber malapetaka. Sebuah banjir besar (sailul arim) akibat jebolnya bendungan telah menghancurkan seluruh bangunan dan kebun-kebun mereka dengan sehancur-hancurnya.

Kini tempat itu menjadi gersang dan tandus. Kedua kebun indah yang menghasilkan buah yang melimpah kini berganti menjadi dua kebun yang ditumbuhi pohon-pohon Atsl dan Sidr yang berbuah pahit.

sourse : tkfindonesia

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah membaca sampaikan komentar anda, jangan Spam ya ? komentar anda berguna untuk pengembangan dunia perasuransian dan blog ini, atas kerjasama diucapkan terima kasih sering-seringlah mampir kembali semakin sering bersilaturrahmi maka akan terbuka kesempatan dan rezeki kita juga terbuka, mudah-mudahan amiin (semakin banyak sahabat semakin bagus)