Kamis, 23 Desember 2010

Memilih Asuransi Rumah


Pilihlah Payung Perlindungan yang Sesuai Keinginan
posted by kontan on 09/29/07

PRODUK asuransi rumah fungsinya tak ubahnya seperti payung bagi penghuninya. Payung ini berfungsi melindungi harta benda penghuni agar tak rugi pada saat musibah datang. Namun, tak sedikit payung yang tak sanggup melindungi penghuninya.

Agar penghuni terbebas dari banyak bencana meskipun telah sedia payung, ada baiknya Anda teliti dulu sebelum menentukan pilihan asuransi rumah. Apalagi, produk asuransi rumah saat ini jumlahnya bejibun dan sangat bervariasi.
Memilih produk asuransi rumah memang butuh trik tersendiri. Sebelum memilih, ada baiknya orang mengenal lingkungan rumah di sekitarnya. Apakah rumah rawan terhadap banjir, rawan kebakaran atau bencana alam. “Dengan mengenal kondisi lingkungan ini, orang bisa memilih asuransi mana yang menyediakan jaminan dari risiko alam sekitar,” ungkap Khairul Fata, Kepala Pemasaran PT Asuransi Takaful Umum.
Jika potensi risiko sangat banyak, Khairul bilang, pilihlah yang paling berisiko. Dengan begitu, orang dapat menghemat ongkos pembayaran premi dan mendapatkan manfaat yang optimal.
Bila potensi risiko sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah menentukan produk asuransi yang dipilih. “Ada baiknya memilih produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang sehat, berpengalaman dan bonafid,” ujar Khairul.
Untuk mengetahui kondisi perusahaan, Anda sejatinya bisa mengecek laporan keuangan mereka. Dengan mudah, Anda bisa memelototinya di koran yang memuat kinerja keuangan mereka. Bila tak puas, Anda bisa menanyakan langsung kepada agen penjualan.
Namun memelototi laporan keuangan yang terpampang di koran tak mudah. Sederhananya, Anda harus mengetahui angka standar kelayakan operasional (risk based capital). Perhitungan risk based capital (RBC) ini penting untuk mengukur perusahaan dari segala risiko yang mungkin terjadi dalam aktivitas operasional dan aktivitas investasi perusahaannya.
Standar minimum RBC adalah 120%. Semakin besar angkanya semakin sehat perusahaan itu.
Sehat saja tidak cukup. Perusahaan asuransi ini juga harus berpengalaman dan profesional. Untuk mengetahuinya, langkah mudah adalah bertanya kepada orang atau kenalan yang sudah menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut.
Misalnya soal penanganan klaim yang diajukan dan pelayanannya. Kantor asuransi harus mudah dihubungi, termasuk juga staf-stafnya terutama saat mengajukan klaim. Selain itu prosedur pengajuan klaim sebaiknya tidak berbelit-belit dan dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.
Soal produk asuransi rumah, sebaiknya Anda jangan tergiur dengan tawaran premi yang murah. Yang harus menjadi pertimbangkan adalah manfaat yang akan didapatkan setimpal dengan premi yang dibayarkan atau tidak. Semakin besar manfaat yang didapatkan dengan premi yang rendah maka akan semakin baik.
Pilihlah produk asuransi yang menawarkan pembagian keuntungan atau no claim bonus. Metode ini memberikan manfaat pembagian kelebihan premi yang tak terpakai akibat pembayaran klaim yang kecil nilainya.
Kini produk yang menawarkan pembagian keuntungan semakin banyak. Umumnya, asuransi syariah punya pembagian keuntungan.
Sebelum polis asuransi diterbitkan, adanya baiknya Anda baca secara cermat pasal-pasal yang tercantum di dalamnya perjanjian polis.
Bila Anda sudah punya asuransi dan ketika akan memperpanjang merasa pembayaran uang premi meningkat cukup besar, Anda bisa meninjau ulang berbagai manfaat polis itu. Coba hilangkan jenis-jenis manfaat yang tidak terlalu besar risikonya. Bila Anda nasabah sejati perusahaan tersebut, jangan segan-segan meminta diskon atas preminya.

. www.takaful.com/ http://asuransisyariah.info/?p=157


Related Post:

12 komentar:

Ardy mengatakan...

thanks infonya, sangat menarik

tian mengatakan...

wah, jadi tau nih, thanks tips nya, ^^

kisah abu nawas mengatakan...

salam sob...
thanks sharenya

choirul mengatakan...

saya belum memiliki asuransi apa-apa e... gimana baiknya ya?

syamsul rijal mengatakan...

sama sob saya memilih asuransi rumah , sekarang kan kita tahu di indonesia lagi musim gempa yang bisa menghancurkan rumah.....

Farix Sanquilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

Cocok sekali intuk di sumatra :D

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salm sahabat
eh rumah aja ada kriteria memilik asuransi rumah juga yach baru tahu jelas di sini,maaf telat

uli mayang mengatakan...

wah bagus.. tapi kalau gak terjadi apa2 kita apa gak rugi tuch bayar premi terus??

DewiFatma mengatakan...

Ternyata boleh ya, minta discon premi?
Thx infonya ya?

cara beriklan di internet mengatakan...

bagus infonya buat saya yang belum punya asuransi rumah .. he he

Professional Indemnity Insurance mengatakan...

mksih mas informasinya sangat berguna

Data Mobile Phone mengatakan...

wah sayang ane blm pnya rumah.... makasih buat infonya gan

Posting Komentar

Setelah membaca sampaikan komentar anda, jangan Spam ya ? komentar anda berguna untuk pengembangan dunia perasuransian dan blog ini, atas kerjasama diucapkan terima kasih sering-seringlah mampir kembali semakin sering bersilaturrahmi maka akan terbuka kesempatan dan rezeki kita juga terbuka, mudah-mudahan amiin (semakin banyak sahabat semakin bagus)